Posted by : www.intantechnology.blogspot.com


Para pelajar yang lagi cari materi tentang topologi jaringan nirkabel indoor dan outdoor. Dan yang sedang lagi pusing – pusingnya tanya sana sini.ini solusinya!!! Kalian bakalan dikasih info penting.simak artikel ini sampai selesai agar gampang untuk dimengerti.

TOPOLOGI JARINGAN NIRKABEL





Latar Belakang
v Perbedaan utama antara jaringan nirkabel dan jaringan kabel yang
    tradisional
v Kinerja jaringan nirkabel sangat tergantung dari konfigurasi pada
 Phsical Layer (PHY)
v Propagasi,
v Antena,
v Jarak antara transmitter,receiver dan sebagainya.
v Untuk memahami jaringan ad hoc nirkabel dan mendesain argo-ritma dan protokol yang efisien untuk jaringan wireless, kita perlu memahami karakteristik dan komunikasi jaringan nirkabel.
Batasan Masalah
v  Topologi jaringan  single hop  Menggunakan 5  buah node dan sebuah sink  Lingkungan indoor  Lab B304   Teknik Elektro ITS  Lingkungan outdoor  Lapangan Teater C ITS  Perangkat yang digunakan :  Node Micaz dengan platform MPR2400  Gateway  ethernet base dengan tipe MIB600  Server   Acer 4732 Z, Microsoft Windows XP Profesional Operating System, Processor Intel Pentium Dual Core CPU T4300 (2.1 GHz, 800 MHz FSB), Memori DDR2 1 GB


Penelitian ini difokuskan pada permasalahan berikut ini :
      Parameter propagasi apakah yang berpengaruh terhadap kinerja jaringan sensor nirkabel ?
      Apakah perbedaan pengaruh parameter propagasi tersebut pada pengukuran indoor dan outdoor untuk jaringan sensor nirkabel ?
       Berapa lama node mampu beroperasi dengan menggunakan sumber energi berupa dua buah baterai AA masing-masing 1.5 volt ?
      Pengamatan Konsumsi Arus
      Keterbatasan energi merupakan karakteristik utama dari jaringan sensor nirkabel setiap node hanya diberikan sumber energi berupa baterai 2x AA dengan suplai hanya sebesar 3 Volt. Pengamatan arus dilakukan dengan cara menggunakan multimeter arus yang dihubungkan seri dengan node dan baterai secara seri, kemudian diamati pemakaian arus semenjak node aktif sampai node kehabisan energi Pada pengamatan arus ini, node divariasikan berdasarkan paketnya, yaitu 100 ms, 500 ms dan 1000 ms.
      Pada pengukuran outdoor dan indoor terdapat beberapa parameter yang mempengaruhi nilai RSSI pada setiap node yang disebar antara lain : jarak node –base stasion, daya transmit dan ketinggian node.
      Posisi dan jarak sensor, karena sangat berpengaruh pada penerimaan data sensing yang berkaitan dengan kualitas jaringan dan untuk mencegah packet loss. 2.Jumlah hop juga dibatasi untuk menghemat penggunaan energi battery sehingga umur pemantauan bisa lebih lama serta memperpendek delay time. 3.Manajemen dan penentuan batasan nilai sensor ideal serta trigger pengontrolan diatur lewat TinyOS.Topologi Jaringan Nirkabel



Kesimpulan
o  Semakin jauh jarak nilai RSSI semakin kecil
o  Ketinggian node sangat mempengaruhi nilai RSSI
o  Nilai RSSI indoor dan outdoorlebih baik dibandingkan nilai RSSI di outdoor
o  Nilai varians besar terjadi pada node yang ketinggiannya rendah


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

cara membuat mail server pada vmware

Assalamualaikum wr.wb hallo, teman-teman yang telah mengeklik blog saya saya akan memberitahukan cara membuat mail pada vmware lalu apa ...

- Copyright © Teknologi Jaman Now - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -